December Shoot…!


Sudah lama tak kusentuh blogs-ku….akhirnya aku bisa menulis lagi…ya walaupun tangan ini berat dan otak ini penuh dengan hal-hal berbau masalah pekerjaan dan kantor, akhirnya kusempatkan juga tuk menulis sesuatu disini…

Bismillahirrahmanirrahim…

Hujan lebat semalaman…petir pun menggelegar seolah marah…sementara aku di ruang tamu tergeletak menatap lampu di atap sembari menikmati tingkah si kecil yang lincah kesana kemari, sesekali ia menyodorkan sebuah buku kecil….buku yang bercerita tentang fenomena alam yaitu “Petir”,,,lucu bukan….. Kuberharap sabtu pagi cuaca cerah…..

Akhirnya riuh burung gereja di halaman belakang rumah sudah mulai terdengar…kubuka pintu belakang rumah daaan…walhasil…udara sejuk segar berhembus bak rombongan manusia yang sudah tak sabar ingin masuk….kupersilahkan dikau masuk wahai angin pagi ….!!!

Udara sejuk pagi ini ………..namun tidak begitu cerah,matahari tampak malu-malu keluar dari balik awan. Tak apalahgumamku dalam hati, kuambil gear bersepeda kutarik ……… tas kamera, kupasang sarung tangan….sepatu…dan akhirnya kukayuh si mongoose yang selama ini hanya duduk manis di teras depan….”mudah-mudah an suspensi nya masih OK untuk menerobos hutan di kala musim hujan… ” menuju hutan Universitas Indonesia…kuberharap ada gambar menarik yang bisa kuabadikan.

Sesampai di tepian hutan Universitas Indonesia, kuberharap ku menjumpai “Ray Of Light menyembul di sela-sela rimbunnya hutan UI…namun aku tidak seberuntung minggu lalu, dimana hujan ray of light terindah yang pernah kulihat walaupun tak bisa menangkap indahnya moment itu.  

Mongoose ku kuarahkan tepat di rerumputan di tepian hutan UI, suspensi terasa keras ketika roda nya beralih dari jalan aspal ke jalanan berlumpur dan berkontur yang membuat suspensi sepedaku bekerja keras ……. sesampai di tengah hutan lantas kurebahkan perlahan….sambil mengejar nafas yang seolah tertinggal di jalanan ….. kumelangkah pasti ke dalam hutan … perlahan tapi pasti di sela jalan setapak yang beccek kumerunduk, membuka tas kamera, dan kulihat lensaku tertutup embun sehingga tak tampak rana sedikitpun….kuambil penyeka lensa…..tarik nafas….. dan…

Tak sengaja kemendengar derap kaki dibelakangku……sepertinya seseorang seolah menghampiri ke arahku….kutunggu sejenak…setelah bapak tua mendahuluiku kusempatkan tuk mengabadikannya di jalan setapak yang masih basah…shoot ….!! sepertinya beliau akan pergi memancing atau mengambil getah karet….sejenak aku ingin menyapa dan ingin meminta maaf karena sepedaku meghalangi jalannya….nampaknya beliau tak menghiraukan keberadaanku dan terus berjalan

 Semakin ke dalam hutan, semakin banyak yang menarik perhatianku, termasuk sekuntum bunga liar yang tumbuh di semak-semak, indah…namun sayang tak ada seorang pun yang bisa menyanjungnya…dan biarlah kuabadiakan…..aku berjongkok…mengubah autofocus ke manual focus dan ….shooot..! ingin kuberkata pada bunga itu…….betapa cantiknya dirimu dan tak ada seorang pun yang dapat memetikmu….bersyukurlah…” ^_^
Suspensi sepeda full-sus” si mongoose yang kuajak bertempur melewati jalan berlumpur dan bergelombang ternyata membuat keringgatku tak terasa pun jatuh..sesekali kumengkhawatirkan kondisi kameraku, kembali kurebahkan sepedaku……saatnya istirahat…. sesaat kubuka lensa kamera … dan ternyata hampir seluruh permukaan lensaku tertutup embun…sejenak kuseka lensa kameraku tak jauh dari rebahan sepeda…lantas … shoot!
Perjalanan tak berhenti sampai disini…semakin dalam dan makin dalam …… kukayuh sepedaku ke dalam hutan….tampak dari kejauhan sinar matahari menembus gelapnya jalan setapak yang gelap nan basah…sedikit kurendahkan kameraku thanks to articulated LCD jadi aku ga perlu sampai tiarap untuk dekat dengan jalan …dan shoot!
Musuh utama-ku disini adalah si Nyamuk…yang mengintari kaos yang sudah basah terkena keringat…pikiranku teralihkan oleh sebuah pohon tua dan sebuah jalan setapak yang tak berhasil kulalui …(karena banyak nyamuknya dan medan yang cukup berat menantang di depan)…jadi sejenak kuabadikan pintu gerbang menuju “hell-road” (karena betapa becek dan licin nya beserta beberapa balok kayu yang menghalangi jalan licin nan curam)
Sejenak  kucari jalan beraspal…kukayuh sepeda cepat-cepat dan criiiiit…ku rem mendadak…kulihat sebuah batang yang berlumut dan ditumbuhi beberapa tanaman paku…then…shoot!
Akhirnya kembali masuk ke hutan….kali ini aku hanya berjalan disamping sepedaku … kumelihat di ujung jalan ada sebuah cahaya sinar di kejauhan…namun ray of light itu tetap tak bisa kutemukan ….yang ada hanyalah hijau hijau dan hijau dan jalan semakin licin saja (yang pernah masuk hutan UI sedalam ini, di penghujung jalan itu ada kompleks pemakaman lho…!! entah makam siapa)
Yang kupikirkan di benakku adalah jalur-jalur jalan setapak yang dahulunya tiada, entah karena seringnya dilewati atau sengaja dibuat, rumput-rumput yang sering terinjak akhirnya membentuk sebuah jalan setapak…yang menggoreskan cerita-cerita lama bagi seseorang yang pernah melintasi hutan ini…banyak jalan-jalan setapak yang terhubung antara satu sama lain di dalam hutan yang aku yakin dulunya tak ada….seolah bentang baru ingin menorehkan kisah nya di hutan yang dulunya adalah hutan karet
Namun diantara semua hijaunya hutan…..tak pernah aku bayangkan sebelumnya bagaimana wajah hutan ini sebelum sebuah Universitas dibangun di atasnya….bagaimana wajah Depok dahulunya….bagaimana wajah propinsi Jawa Barat dahulunya….dan bagaimana wajah Dunia dahulu kala….ketika tangan-tangan manusia masih enggan tuk hanya sekedar melukai tanaman-tanaman nan hijau dan elok rupawan ini……kuhela nafas…kupasang helm….dan kukayuh sepedaku pulang.
Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa Sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, Maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi Kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, Kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. (Az-Zumar ayat 21)

2 thoughts on “December Shoot…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s